Dari Munchen ke Milan#1 : Hadiah ulang tahun ke-19 yang tak terlupakan [Part One]

P1060696

14 Oktober 2012

Saya masih ingat benar. Bagaimana sensasi dan kombinasi perasaan antara senang, bersyukur, terharu, shock, tidak percaya, dan bersemangat, di malam ketika berita luar biasa itu tiba kepada saya. Malam sembilan Ramadhan. 27 Juli 2012. Selepas salam terakhir salat tarawih di kamar kosan, iseng saya membuka handphone. Bintang merah di atas ikon amplop surat berwarna kuning. Pertanda sebuah email baru masuk. Seperti halnya kotak surat setengah lingkaran di depan beranda, bintang merah ini pun selalu berhasil menawarkan harapan dan tanda tanya bagi saya. Ada apa? Dari siapa?

Entah, rasa-rasanya masih baru saja. Masih baru kemarin atau beberapa hari yang lalu. Begitu jelas rekamannya dalam benak saya. Betapa jantung saya berhenti berdegup hanya sepersekian detik setelah jemari saya menekan trackpad di bintang merah dan amplop kuning itu. Congratulation: We are looking forward to meet you in Munich soon! Saya masih ingat, bagaimana saya terpekik perlahan, menutup mulut, dan segera membuka email dengan subject yang begitu menggoda itu. Saya membaca perlahan alamat email yang luar biasa itu. Dari sekian banyak kalimat, saya begitu ingat empat kalimat ini:

“We were truly impressed by your achievements and your motivation.”

“It is a great pleasure for us to inform you that you have been selected as one of 35 highly impressive international students among almost 1.200 applicants”

“Get ready for a week that will change your life!”

“We are really looking forward to meet you in Munich”

-Your Global Entrepreneurship Summer School 2012 Team-

Jujur saja, pertama kali membaca, saya tidak percaya. Is this for real?

Saya terpilih menjadi 35 pemuda terbaik di dunia? Untuk mengikuti acara Global Entrepreneurship Summer School, yang sangat mendukung mimpi dan passion saya di kewirausahaan? Di Munchen, Jerman? Menginjakkan kaki di Eropa, bertemu dengan orang-orang luar biasa dari seluruh dunia? Saya menggelengkan kepala. Masih tidak percaya.

Maka saya membaca ulang lagi, lagi, dan lagi. Hingga tiga kali. Ketika kali ketiga saya masih mendapati tulisan yang sama, sontak saya berteriak sekencang-kencangnya. Jejingkrakan di kamar layaknya orang gila. Lupa bahwa kamar kosan saya tidak secanggih studio musik yang kedap suara. Masih menggunakan mukena, langsung saya bersujud dan berterimakasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena telah memberi saya sebuah hadiah ulang tahun yang sangat luar biasa. Ulang tahun saya 22 September, dan acara tersebut berlangsung sejak tanggal 20-28 Oktober 2012.  Bayangkan saja. Kesempatan untuk pergi ke luar negeri, dan bahkan naik pesawat, untuk pertama kalinya, dan langsung mendapatkan jackpot yang luar biasa: Eropa! Benua yang selalu saya impi-impikan. Waktunya bertepatan dengan hari ulang tahun saya pula. Ulang tahun di Jerman! What a perfect thing!

Di tengah semua antusiasme itu, saya mendadak jadi teringat, bagaimana semua ini bermula. Saya ingat, betapa saya malam itu langsung merasa ‘tertarik’ melewati ruang dan waktu. Kembali ke memori tepat setahun yang lalu. Bulan Juli 2011. Saat saya pertama kali mendapatkan laptop pribadi setelah setahun berjibaku mengerjakan tugas kuliah seperti kutu loncat: dari laptop teman yang satu ke laptop teman yang lainnya. Bersabar menanti teman saya selesai mengerjakan tugasnya, untuk mengerjakan tugas saya sendiri, meski mungkin harus menginap di kosan teman dan terjaga hingga dini hari karena giliran menggunakan laptop baru didapatkan di tengah malam, saat teman saya sudah pergi ke alam mimpi. Saya masih ingat, tentang dokumen Microsoft Word pertama yang saya buat begitu benda luar biasa bernama laptop itu menjadi milik saya: Life Map 20 Years Later. [To Be Continued]

Leave a Reply

