Hear VS Listen

Entah karena kekurangan gula selama puasa sembari menyusui atau kekurangan a*ua, entah mengapa dalam beberapa minggu terakhir saya merasa mengalami degradasi kognitif dan konsentrasi. Dan well, somehow menjadikan komunikasi antara saya dan pak suami seringkali mengalami miss dan berujung kekesalan dari pihak pak suami –“.

.
Jika kemarin saya bercerita mengenai pentingnya berpikir produktif dan membenahi alur logika, kali ini dalah tentang mendengarkan produktif dan menyimak pembicaraan dengan paripurna. Sekali lagi, meski poin ini tidak tercantum dalam butir butir komunikasi produktif dengan pasangan versi kuliah bunsay IIP, saya pikir poin ini juga menjadi penting dalam membangun komunikasi produktif pada siapapun. 
.
Proses komunikasi, adalah proses dua arah. Di mana secara keseluruhan melingkupi proses:

Menerima pesan – memproses pesan – menyampaikan pesan. 

Poin poin yang disampaikan pada kuliah bunsay IIP adalah cara cara dan metode untuk membenahi tahapan penyampaian pesan. Adapun insight pribadi yang saya tuliskan pada tantangan Day8 kemarin adalah pembenahan pada tahapan pemrosesan pesan. 

.
Sedangkan beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan “pelajaran” tambahan mengenai pembenahan pada tahapan “menerima pesan.”

.
Kesalahan (dan kelemahan) saya, seringkali dalam komunikasi berbasis audio tanpa adanya unsur visual adalah saya seringkali salah menangkap, salah menyimak, salah mengingat, hingga output respon yang diberikan pun juga menjadi tak tepat -,- 

Sehingga, membuat kesal si pemberi pesan karena merasa tidak diperhatikan dan tidak disimak dengan baik. 

.

Padahal, saya tidak bermaksud dan menyengaja tidak menyimak. Namun entahlah.  Seperti halnya ketika saya dengan begitu sulitnya mengingat nama orang meski sudah diulang ulang. Salah mengingat atau salah menangkap maksud pesan Audio  entah mengapa tetap sering sekali terjadi -,- 

Entah karena saya memang tipe visual, atau neuron di otak yang memang sedang mengalami defisiensi gula. 

Yang jelas, pelajaran berharga yang saya dapatkan mengenai komunikasi produktif di beberapa hari yang lalu, adalah tentang menjadi pendengar dan penyimak yang baik, sebelum menjadi komunikator yang ulung. 
.

Try to listen, not just to hear. 
.
#day9

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

Leave a Reply

